Sabtu, 15 Oktober 2011

pemodelan grafik dari jenis dan fungsinya

Sumfaaaahh ane bingung pas di suruh bikin artikel tentang mata kuliah ini, desain pemodelan grafik. Yang ada di otak gue ya cuma macam-macam grafik kaya pelajaran matematika dengan berbagai model dan bentuk, ada 2 dimensi bahkan 3 dimensi. Sebenarnya banyak banget aplikasi yang bisa di pakai untuk membuat grafis atau sebuah gambar lah bahasa umum nya, kita bisa memakai photoshop, corel draw, paints, maya3D, autocade, 3D studio max, dan sebagainya yang mungkin jarang banget kita denger.


Pemodelan sendiri ialah membentuk suatu benda atau obyek lalu mendesainnya sehingga objek atau benda tersebut seperti hidup dan biasanya pembentukan ini dikerjakan oleh sebuah perangkat computer. Konsep yang di pakai bisa 2 atau 3 dimensi, tergantung selera si pemakai. Ada 2 jenis pemodelan grafik, yaitu :
1. bitmap : Bitmap sesuai untuk dunia fotografi dan lukisan digital karena bitmap menghasilkan gradasi warna dengan sangat baik. Format Bitmap  memiliki resolusi yang tidak bebas/ terbatas, bitmap me-representasi pixel dalam jumlah yang terbatas. Gambar berformat bitmap hanya tampil sempurna dalam ukuran aktualnya saja oleh karena itu jika gambar diperbesar maka gambar akan pecah atau buyar dan kehilangan kualitasnya. Nama ekstensi dari program yang berjeniskan bitmap antara lain : *.JPG, *.PNG, *.GIF, *.PCX, *.TIFF, *.CDR, *.DOC, dan *.EXL.
         2. vector : Gambar-gambar berformat vector sesuai untuk logo dan ilustrasi karena                   memiliki resolusi yang bebas dan dapat di-skala ke dalam ukuran yang tak terbatas, jadi walaupun diperbesar beberapa kali pun hasil kualitas gambar akan tetap sama. Nama ekstensi dari program yang berjenis vector antara lain : *.EPS dan *.CGM.

http://g2hcombro.wordpress.com/2010/02/27/artikel-desain-pemodelan-grafik/
http://masbadar.com/2009/06/02/pengertian-gambar-berformat-vector-dan-gambar-berformat-bitmap/
http://id.wikipedia.org/wiki/Bitmap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar